Kencangnya arus persaingan dalam dunia bisnis online memang kian hari kian dahsyat. Hal ini pun berlaku pada berbagai jenis sektor bisnis, mulai dari bisnis berdagang produk hingga penawaran jasa dan layanan tertentu. Bila Anda sebagai pelaku bisnis baru tak menerapkan strategi pemasaran bisnis yang tepat, maka dapat dipastikan bahwa brand yang Anda usung pun tak akan bisa awet alias dapat bertahan lama. Seperti halnya kini semakin marak bermunculan jajaran toko online mulai dari yang berbasis rumahan hingga mancanegara. Namun, bila Anda juga hendak membuka sebuah toko online, Anda tak perlu merasa resah akan tingginya level persaingan. Di atas semuanya, yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat secara mudah namun efisien memasarkan bisnis online Anda pada para audiens yang telah ditargetkan. Pada kesempatan kali ini, akan dibeberkan secara tuntas 5 trik jitu dalam mengenalkan toko onlinebaru Anda pada para calon pembeli potensial.
#1. Membuat konten yang jelas.
Meski poin ini nampak sederhana, tapi inilah yang jadi penentu bahwa konsumen tak akan segan berbelanja di toko online Anda. Mulailah dari deskripsi produk yang jelas, bahkan kalau bisa Anda juga menyertakan artikel hingga ulasan yang masih berkaitan dengan produk tersebut sebagai informasi tambahan.
#2. Selalu terkoneksi pada media sosial.
Cara ini adalah cara yag paling umum dalam mempromosikan toko online baru Anda. Namun begitu, disarankan Anda benar-benar fokus dan konsisten pada setidaknya tiga macam media sosial. Contohnya saja pada Facebook, Instagram, dan Twitter. Di media sosial, Anda diharuskan membuat sebuah grup yang berfokus pada produk Anda dan sering-seringlah membagikan kembali konten yang telah Anda buat pada situs toko online Anda di sana.
#3. Memakai jasa promosi tertentu.
Pernah dengar layanan PPC alias pay-per-click? Layanan satu ini banyak dipakai oleh pemilik toko online guna memasarkan bisnis mereka dan dinilai cukup efektif untuk pemula. Layanan ini biasanya ditawarkan oleh search engine seperti Google dengan Google Adwords-nya hingga Bing dengan programnya, Bing Ads. Cara kerjanya, search enginetersebut akan menampakkan iklan produk toko online Anda dan Anda wajib membayar setiap kali terdapat seseorang yang melakukan klik pada iklan tersebut.
Baca Juga:
-
Strategi Konten Marketing Ini Cocok Untuk Bisnis eCommerce
-
5 Langkah Mudah Menggunakan Facebook Pixel
#4. Mencoba inovasi strategi pemasaran yang fresh.
Bila Anda tak puas dengan deretan strategi pemasaran yang sudah Anda, atau mungkin Anda merasa bahwa strategi pemasaran yang ada kurang cocok untuk diaplikasikan pada toko online Anda, maka tak ada salahnya Anda menciptakan strategi pemasaran yang baru. Dengan modal riset dan analisis yang runtut, Anda pun siap bereksperimen pada konsumen Anda dalam hal periklanan hingga program seperti Facebook shop dan buy buttons di Pinterest. Kuncinya, jangan ragu dan jangan takut gagal.
#5. Memilih opsi advertising yang tepat.
Di era tekhnologi yang serba modern ini, Anda terekspos pada aneka pilihan media periklanan yang sama-sama menarik dan menggiurkan. Ada media periklanan konvensional, yang mana masih mengandalkan media seperti radio, televisi, hingga surat kabar. Keuntungannya, iklan bisnis Anda dapat dilihat oleh khalayak yang lebih luas dan dapat dijangkau oleh area yang tidak terpapar oleh internet. Namun kekurangannya, Ia cenderung terbilang tak ekonomis.
Sedangkan pilihan selanjutnya terdapat periklanan via video atau secara digital. Keduanya mencakup jaringan audiens yang terkoneksi pada dunia maya. Cara ini dinilai lebih ekonomis namun harus dipersiapkan dengan sekreatif mungkin.