Hal apa yang disukai pembeli dan membuat mereka balik lagi? Pembeli senang email konfirmasi pesanan. Ya, Mereka akan membukanya berulang kali, klik pada link, dan beri mereka prioritas dalam kotak masuk. Bahkan, email konfirmasi dapat membantu penjual online untuk mendapatkan kepercayaan dan bisnis tambahan.

Sekitar 64 persen dari pembeli menganggap email konfirmasi transaksional menjadi pesan yang paling berharga dalam inbox mereka, menurut sebuah whitepaper, penyedia layanan email, email konfirmasi pesanan juga memiliki tingkat keterbukaan yang tinggi, 114,30 persen dibandingkan dengan tingkat keterbukaan rata-rata antara 13 dan 14 persen untuk kampanye pemasaran email.

Email konfirmasi pesanan harus transaksional. Tapi ini tidak berarti bahwa penjual online tidak dapat mencakup informasi atau bahkan tawaran yang dimaksudkan untuk memperkuat hubungan dengan pembeli dan mendorong pembelian tambahan.

Email konfirmasi pesanan juga merupakan titik sentuhan pertama setelah pembelian, jadi kesempatan pertama penjual untuk cukup mendukung penjualan. Hal ini dapat digunakan untuk menyajikan rekomendasi produk dan mengkomunikasikan kebijakan, membuatnya mudah untuk menemukan informasi tentang status pesanan, dan juga dapat digunakan sebagai kesempatan untuk mempromosikan pemasaran.

Tingkatkan Informasi Pembelian

Sebuah email konfirmasi pesanan selain menginformasikan pelanggan Anda bahwa pesanan telah diterima dan toko Anda akan memulai proses memilih dan pengepakan barang. Tetapi juga dapat membangun kepercayaan. Ketika informasi pesanan saham toko online Anda lebih baik, Anda menunjukkan profesionalisme toko Anda dan kepercayaan.

Pertimbangkan menunjukkan:

  • Nomor pesanan;
  • Perkiraan tanggal pengiriman, bahkan sebelum item telah dikirimkan;
  • Sebuah deskripsi item atau barang yang dibeli;
  • harga produk dan pajak;
  • foto produk;
  • Biaya pengiriman;
  • Link ke kebijakan Anda kembali;
  • Layanan pelanggan informasi kontak, termasuk nomor telepon.

Email Konfirmasi Pesanan

Konfirmasi pesanan harus menjelaskan hampir setiap aspek dari pesanan. Membuatnya menjadi referensi pembeli dapat kembali setiap kali dia memiliki pertanyaan.

Pengiriman Cepat

Email konfirmasi pesanan sebuah toko online adalah analogi dari bentuk fisik tanda terima cetak pada akhir transaksi yang biasa dilakukan kebanyakan orang pada toko yang melakukan interaksi tatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli.

Dengan kata lain, kecepatan itu penting. Berusahalah untuk menyampaikan pesan transaksional ini dalam hitungan detik.

Menawarkan Rekomendasi Produk yang Relevan

Personalisasi adalah kunci untuk rekomendasi produk dalam email konfirmasi pesanan. Dengan demikian, rekomendasi ini seharusnya tidak sulit dikodekan ke dalam email.

Menawarkan dua atau tiga saran produk berdasarkan riwayat pesanan pembelanja dan profil. Ini bukan Upsell, di mana Anda menawarkan produk serupa dengan satu yang dibeli, melainkan cross-sell, dengan item terkait melengkapi produk yang dibeli.

Pertimbangkan masalah penukaran, juga. Apakah website Anda sudah menunjukkan beberapa rekomendasi produk selama proses belanja atau checkout? Bagaimana pelanggan bereaksi terhadap rekomendasi?

 Baca Juga:

Jangan Perlakukan atau Ulangi Pelanggan Seperti Pembeli Baru

Untuk lebih menyempurnakan pesan email konfirmasi pesanan, usahakan tidak memperlakukan semua pelanggan sama. Ada perbedaan antara pembeli pertama dengan pelanggan tetap Anda.

Pertimbangkan memberikan email konfirmasi pesanan yang berbeda untuk mengulang pembeli. Terima kasih atas kesetiaan mereka dan menawarkan mereka sesuatu yang istimewa untuk datang kembali. Jika toko Anda mendiskon produk, ini mungkin kode kupon hanya untuk mereka. Atau jika pendiskonan bukan bagian dari model bisnis Anda, pertimbangkan produk gratis atau layanan khusus untuk pelanggan tetap.

Desain untuk Perangkat Mobile

email konfirmasi

Menurut sebagian besar survei, 45-70 persen dari pesan email dibaca melalui perangkat mobile, maka tidak salah untuk membuat tampilan pesan email untuk mobile yang eye-catching. Bahkan, mengingat keadaan saat ini industri pemasaran email, ponsel adalah hal pertama yang sudah menjadi standar.

Make It Look Good

Akhirnya, agar email konfirmasi harus terlihat baik. Perlu untuk mencerminkan merek Anda.

Rumus untuk membangun loyalitas dan menjual lebih banyak dengan email konfirmasi pesanan adalah, pertama, untuk memperkuat kepercayaan Anda yang diperoleh selama pembelian awal dan, kedua, untuk menawarkan kesempatan untuk membeli lagi melalui rekomendasi produk.

Desain Email Eye-Catching.

Sebuah desain terlihat profesional menyiratkan toko Anda sebenarnya profesional.

Itulah Tips untuk meningkatkan Penjualan dan Bangun Loyalitas dari kami, semoga berguna bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Apakah ada yang terlewatkan atau Anda memiliki opini yang lain? Silakan masukkan ke kolom komentar dibawah.

Mau tahu info lebih banyak lagi tentang dunia ecommerce? >Klik Disini<